Bersaing Tantangan Zaman, Pentingnya Career Planning Mulai Sekarang

Reporter: Tsabita Fauziah

Editor: Sabitha Ayu Nuryani

Sumber: Dema FUF

FORMA (28/02) – Minggu, 28 Februari 2021 Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) menyelenggarakan Serial Online Ngosek Klimaks ketiga berupa webinar yang disambung dengan talkshow (bincang-bincang santai). Acara tersebut diselenggarakan melalui Zoom pukul 09.45 – 13.00 WIB dan dihadiri oleh 81 peserta. Dema FUF menghadirkan Gamal Albinsaid (Social Enterpreneur Health Innovators) sebagai pembicara webinar bertopik “Career Planning” serta Dianty Annisa (Co-Founder @ter.ta.ta) dan Made Cynthia (Co-Founder @ter.ta.ta) sebagai pembicara talkshow bertopik “Organize Your Life by Journaling”.

Gamal Albinsaid menjelaskan bahwa career planning adalah suatu hal yang sangat penting, di mana persiapan yang dilakukan harus tertata dan setiap orang perlu menilai diri dengan tepat. Pada zaman sekarang, tantangan karir juga harus diperkuat dengan mindset dan disesuaikan dengan metode VUCA (Vision, Understanding, Clarity, Agility). Hal ini harus tertanam pada jiwa setiap pemuda untuk mempersiapkan diri mereka dengan lebih baik di era yang juga semakin maju.

“Jangan biarkan masa mudamu berlalu tanpa adanya karya yang mempesona. Dan jadilah anak muda yang berkarya dengan dompet (hasil jerih payah) sendiri dan gunakanlah teknologi untuk membangun dunia,” tutur Gamal Albinsaid.

Serial dilanjutkan dengan talkshow. Dianty Annisa menjelaskan bahwa mengatur hidup dengan jurnal sangatlah penting karena seseorang harus terarah dalam menata pola kehidupan. Made Chynthia juga menjelaskan pentingnya membuat prioritas yang harus dilakukan terlebih dahulu agar seseorang terfokus dengan kegiatan yang akan dikerjakan pertama kali.

Firli Anggara Putra, salah satu peserta acara ini turut memberikan tanggapannya. “Seru sekali, karena (serial Ngosek Klimaks) mengangkat topik yang bagus dan cocok untuk para pemuda (zaman) sekarang dan juga terdapat kuis yang menambah semangat bagi peserta,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *