Doc: Google

Oleh: Tsabita F

Hampir semua orang terlebih pemuda sekarang pasti mengenal apa itu game. Bahkan sangat minim jika pemuda tidak mengetahui arti dari game. Pemuda adalah generasi penerus bangsa. Sehingga, bangsa yang baik dapat dilihat dari generasi muda sekarang ini. Terlebih banyak sekali pemuda yang mempunyai keinginan untuk dirinya menuju masa depan yang cerah. Dan, salah satu strategis pembangunan kepemudaan adalah menciptakan generasi penerus masa depan bangsa yang tangguh, mandiri, dan berdaya saing, terlebih memasuki era revolusi indistri 4.0.

Menurut Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) memaparkan data Badan Pusat Statistik yang mencatat jumlah pemuda Indonesia rentan usia 16-30 tahun diperkirakan mencapai lebih 64 juta jiwa. Di rentan waktu tahun 2020 hingga 2035, jumlah penduduk usia produktif Indonesia akan berada pada titik tertinggi sepanjang sejarah, mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Melimpahnya jumlah pemuda di Indonesia, merupakan modal yang besar dalam membangun bangsa ini.

Tingginya kuantitas pemuda Indonesia harus juga diimbangi dengan kualitas mumpuni yang dimiliki oleh setiap pemuda. Sehingga, menjadi pemuda penerus bangsa yang kreatif, mandiri, inovatif, dan mempunyai daya saing tinggi dalam kemajuan bangsa dalam hal teknologi.

Di era sekarang teknologi sudah berkembang. Dibuktikan dengan keadaan yang mulai instan, yaitu dengan adanya handphone (HP), komputer, laptop, maupun teknologi lainnya. Teknologi adalah sarana atau sistem yang berfungsi memudahkan dan memberikan layanan bagi manusia.

Pemerintah Indonesia juga tengah menggalakkan program revolusi industri 4.0. Hanya saja saat ini masih banyak yang belum mengerti maksud pengertian revolusi industri 4.0. Menurut Kanselir Jerman, Angela Markel revolusi industri 4.0 adalah transformasi komperehensif dari keseluruhan aspek produksi di industri melalui penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional. Sehingga, pengertian revolusi industri 4.0 sendiri adalah era industri di mana seluruh entitas yang ada di dalamnya dapat saling berkomunikasi secara real time kapan saja dengan berlandaskan pemanfaatan teknologi internet dan CPS guna mencapai tujuan tercapainya kreasi nilai baru.

Salah satu teknologi adalah game. Game merupakan bentuk permainan yang terstuktur, biasanya dilakukan untuk memghibur atau sebagai kesenangan bagi pemainnya, dan kadang-kadang juga digunakan sebagai sarana alat pendidikan. Dengan adanya game memberikan pengaruh dalam kehidupan, sehingga dapat membuat kecanduan bagi orang yang memainkannya. Selain itu, game juga dapat menjadi alat refresing dari segala kejenuhan. Bermula dari bermacam karakter kartun, kini game semakin canggih dengan tingkat realistik yang sangat tinggi.

Game yang dahulunya sangat sederhana, kini berkembang hingga revolusi industri 4.0 sekarang. Berkembangnya game sampai adanya game online hingga berbagai yang bermunculan saat ini seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Clash of Clans, dan game lainnya di kalangan pemuda yang merupakan bagian dari meledaknya teknologi, Sehingga, para pemuda menjadikan game sebagai teman dekat sekarang ini.

Game juga mempunyai 2 kumungkinan bagi penggunanya. Yang pertama berdampak positif bagi pemuda yang tahu bagaimana memanfaatkan maupun meletakkan dengan bijak hobi tersebut. Dan, yang kedua juga berdampak negatif bagi pemuda yang sekedar menuruti kesenangan dengan game tanpa diimbangi dengan hal-hal yang bermanfaat. Sehingga, menimbulkan kecanduan bahkan lupa akan waktu. Dengan hal demikian menjadikan bahwa game mempunyai banyak pengaruh terhadap pemuda.

Semakin maraknya pengguna game sekaligus gamer di era revolusi industri 4.0 sekarang, sehingga menjadi hobi yang dipandang sebelah mata. Padahal hobi bermain game merupakan sebuah minat yang dapat diasah. Dan, bagaimana inovasi dan kreativitas yang dilakukan generasi muda dalam menghadapi masalalah pecandu game tersebut. Game mempunyai dampak positif dan negatif, walaupun begitu game juga mempunyai banyak dampak positif, di antaranya:

1). Menambah relasi. Karena, ketika bermain game online akan menemukan banyak teman baru di penjuru Indonesia, bahkan dunia sehingga menambah keakraban antar gamer; 2). Menambah pengetahuan mengenai kosa kata berbahasa Inggris. Karena, game online menuntut mengetahui hal tersebut, sebab hampir seluruh bahasa yang digunakan dalam game adalah bahasa Dengan hal itu, maka bisa menambah kemampuan kecakapan dalam berbahasa Inggris; 3). Melepas kepenatan. Kejenuhan pasti dirasakan terlebih para pemuda di samping karena selesai beraktivitas pasti semua butuh akan istirahat unuk melepaskan segala kepenatan, salah satunya dengan bermain game; 4). Mengisi waktu luang di sela-sela jadwal beraktivitas; 5). Berani mengambil risiko. Karena, ketika bermain game pasti sudah terbiasa menemui tantangan yang dihadapi dan pasti dengan hal tersebut para pemuda sangat berani dalam mengambil tindakan; dan 6). Menambah kemampuan berpikir. Karena, ketika bermain pemuda dituntut untuk berpikir bagaimana cara atau taktik yang digunakan untuk menghadapi musuh atau situasi yang mencengkam pada saat bermain game.

Dilihat dari dampak positif tersesbut membuktikan bahwa tak selamanya game itu membuat para pemainnya menjadi orang yang bodoh, pemalas, pengangguran, dan tidak bisa melakukan apa-apa. Akan tetapi, malah membuktikan bahwa pemuda bisa dalam berkarya dengan hobinya bermain game dengan cara menginovasi dan mengasah kemampuan dalam bermain game. Dan, hal itu harus dibuktikan para pemuda membuat hal-hal yang belum ada saat sekarang, yaitu dengan menginovasikan game dengan penambahan maupun perubahan, baik dengan menambahkan kecanggihan maupun hal-hal yang menarik lainnya. Sehingga,  berdaya saing tinggi di era revolusi industri 4.0 sekarang ini. Dengan hal tersebut bisa menjadi catatan penting bagi pemuda yang hampir setiap waktu digunakan untuk bermain game.

Untuk mendukung adanya hal tersebut, baik di Indonesia banyak sekolah dan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memfasilitasi dengan berbagai jurusan yang berkaitan dengan teknologi design animasi dan sejenisnya. Sehingga, mereka yang sudah suka dengan game, bahkan menjadikan game separuh dalam hidupnya, kini bisa mengasah dan mengembangkan bakat untuk menguasai atau menjadi programer yang prefesional dalam menginovasi game tersebut. Sehingga, dengan adanya game para pemuda lebih produktif dan lebih bermanfaat.

Dengan seperti itulah bahwasannya para pecandu game mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki pemuda biasa pada umumnya, bahkan mereka yang menggeluti bidang tersebut bisa menghasilkan pendapatan tetap dan berkarir dengan kemampuan yang dimiliki. Karena, di usianya mereka sudah mampu menemukan kreasi dan bisa berpikir panjang mengenai kehidupan saat ini dan yang akan datang. Sehingga, mayoritas pemuda dapat menggunakan akalnya untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam melihat situasi yang berada disekitarnya.

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, peran pemuda sangatlah penting mengingat kemampuan yang dimiiki. Selain itu juga, mereka terlahir di era yang di mana teknologi sudah berkembang dan maju. Sehingga, menuntut para pemuda untuk bisa terlebih lagi di era revolusi industri 4.0. Salah satu indikator majunya sebuah bangsa ketika sumber daya manusia memiliki mutu tinggi dan teknologi semakin baru dan canggih. Sebuah solusi untuk para gamer dapat mengubah hobi yang dimiliki menjadi sebuah karya yang bernilai dan bersaing tinggi dalam memajukan game. Dan, tidak bisa lagi jika gamer dipandang sebelah mata oleh orang lain. Oleh karena itu, sebagai pemuda hendaknya terus menunjukkan peran agar di masa mendatang teknologi semakin maju dan canggih.