Pandemi Covid-19, Dema Adakan Dies Natalis Secara Daring

FORMA (19/01) – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) akan kembali menggelar perayaan Dies Natalis fakultas di tahun 2021. Acara bertajuk “Ngosek Klimaks” ini merupakan peringatan lahirnya Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. (Sabtu, 16/01)

Abdul Mukit, Ketua Dema FUF, mengatakan bahwa acara Dies Natalis FUF sebelumnya pernah digelar pada tahun 2017 lalu. “Yang saya tahu pada waktu (tahun) 2017, ada Diesnat. Pada saat itu saya masih Maba. Diesnat itu diadakan di depan gedung B2.” Kata Mukit.

Tujuan pengadaan kembali acara Dies Natalis FUF tahun ini, Mukit mengatakan sebagai bentuk puji syukur. “Dies Natalis ini sebagai bentuk perayaan lahirnya Ushuluddin. Agenda ini memang untuk puji syukur dan seremonial yang ada pembelajarannya bagi teman-teman dan tidak hanya hura-hura.” Lanjutnya.

Adapun pengadaan acara Dies Natalis FUF, menurut Mukit akan dilakukan secara Daring. “Insyaallah terlaksana Daring semua karena kondisi seperti ini. Mau bagaimana lagi?” Ujar ketua Dema FUF yang akan lengser tahun ini.

Ketua Panitia Dies Natalis FUF 2021, Akbar, mengatakan kegiatan akan dilaksanakan kemungkinan pertengahan Februari 2021. Namun, belum ada pembicaraan lebih lanjut karena masih dalam pekan UAS.

Secara umum, acara Dies Natalis FUF bertema “Terlahir Kembali.” Yang bertujuan agar generasi muda masa kini semakin siap menghadapi tantangan dan perubahan di era yang semakin maju. Mereka menekankan pada kehidupan para milenial muda dalam menyambut milenial yang baru. “Yang jelas Dema ingin memberi bekal untuk menghadapi (masa) milenium baru.” Kata Akbar.

Perayaan Dies Natalis FUF 2021 akan terbuka untuk umum dan dipromosikan secara luas. Agar memiliki banyak peminat, Akbar berkata panitia memiliki kiat khusus seperti mengundang guest star yang menarik. “Yang jelas selain menghadirkan guest star, acara kita juga harus mempunyai visi dan misi.” Ujarnya.

Sejak saat open recruitment panitia Dies Natalis 5 Januari lalu, banyak mahasiswa mengetahui akan diadakannya acara ini. Salah satunya Diana, mahasiswi IAT 2018. Ia mengapresiasi inisiatif Dema FUF dalam membuat acara Dies Natalis. “Saya mengapresiasi adanya acara Diesnat ini. Dengan diadakannya acara ini, kita (warga Ushuluddin) bisa mengenalkan ke Maba 2020, bahwa ‘Ini loh Ushuluddin!’ Ushuluddin juga enggak kalah keren dari fakultas lain dan event ini juga dapat menunjang eksistensi Ushuluddin itu sendiri.” Kata mahasiswi jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir tersebut.

Kendati demikian, menurut Diana, mahasiswa terutama teman-temannya di angkatan 2018 akan lebih antusias apabila acara Dies Natalis FUF 2021 diadakan secara Luring. Namun, masih belum jelas apa yang akan dilakukan para panitia sehingga bisa meningkatkan antusiasme mahasiswa. Informasi selanjutnya, menurut ketua panitia akan ada pembahasan lebih lanjut yang biasanya diumumkan beserta dengan launching di Instagram Dema FUF.

Chintya/Karim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *