Meraup Untung dari Digital Planner di Tengah Pandemi ala Orang Barat

Dok. Forma

     Masa pandemi tidak menjadi halangan bagi para pebisnis digital planner dalam mengembangkan kreativitas, khususnya masyarakat Barat. Perlu diketahui bahwa di Barat, saat ini peminat produk digital planner semakin tinggi. Hal tersebut dapat dilihat melalui salah satu platform ide kreatif Pinterest, di mana postingan digital planner semakin meningkat dan beragam.

     Para development digital planner melihat peluang dari akibat pandemi dengan perspektif yang berbeda. Di mana kebanyakan orang akan terfokus pada alat kesehatan, sedangkan mereka akan melihat peluang yang lebih out of the box. Adapun peluang tersebut yakni dengan membuat digital planner (perencanaan digital) sebagai upaya pemberian suasana yang baru pada rencana yang gagal akibat pandemi dengan berbagai komponen kreatif dan desain menarik.

     Adapun salah satu alasan mengapa banyak orang yang sadar membutuhkan digital planner ini, adalah dengan menggaungnya tren hidup produktif. Tren tersebut mendorong masyarakat untuk hidup lebih praktis dan efisien melalui perencanaan yang matang. Didukung dengan maraknya influencer di youtube yang banyak membahas gaya hidup tersebut, contohnya seperti channel Hannah elise, Lenks, dan Sadie Aldis.

     Gaya hidup produktif sendiri memiliki boundaries pada masing-masing individu agar dapat mengefektifkan waktu dan menjalankan rencana yang dibuat. Tentu semua hal tersebut memerlukan konsistensi agar dapat berjalan sesuai dengan rencana.  Dengan menggunakan digital planner diharapkan membantu masyarakat untuk mencapai goal atau tujuannya.

     Di barat, banyak dijual digital planner baik itu berupa work planner, study planner, weekly planner bahkan diet planner dengan mudah. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya platform e-commerce yang menjual produk tersebut, contohnya seperti amazon.com. Selain itu, produk ini juga dijual secara ekslusif di berbagai web, salah satunya yakni etsy.com.

     Selain menjadi sebuah produk jual, digital planner juga menjadi produk pemikat dalam strategi pengembangan website usaha. Di Barat, sekarang banyak website usaha yang memberikan digital planner secara gratis dengan syarat men-suscribe channel ataupun web yang menyediakan digital planner tersebut, salah satunya adalah erinehooley.com. Hal ini memberikan keutungan berupa tambahan kuantitas pengikut, sehingga membuat jumlah subscriber meningkat secara signifikan.

     Digital Planner yang telah menjadi peluang mencari untung di Barat, dapat menjadi percontohan untuk pengembangan inovasi produk di Indonesia. Dengan melihat peluang tersebut, seharusnya dapat menjadi ide untuk pebisnis baru atau pemula yang ingin melakukan usaha produk sederhana. Di mana hal tersebut, hanya membutukan skill yang baik dalam mendesain dan pengembangan ide kreatif baru bagi tema digital planner.

     Perlu diketahui bahwa berdasarkan data dari GlobalWebIndex, Indonesia merupakan negara yang memiliki peningkatan adopsi e-commerce tertinggi pada tahun 2019. Hal tersebut, tentunya menjadi peluang untuk mereka yang ingin memulai usaha lewat bisnis online, tak terkecuali bisnis digital planner. Apalagi dengan jumlah penduduk Indonesia yang dikategorikan tinggi, membuat jangkauan sasaran menjadi lebih banyak.

     Namun perlu diingat, bahwa dengan banyaknya peluang juga memberikan banyaknya saingan. Berbisnis memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Hal tersebut bahkan juga diakui oleh motivator bisnis sekelas Merry Riana. Namun, dengan memiliki sikap optimis, positif dan tekad yang kuat, dapat memberkan dorongan terhadap mental seorang pebisnis, sekali pun hanya sebuah bisnis kecil.

     Dengan menjalankan bisnis digital planner, selain dapat menambah pundi-pundi uang, hal tersebut juga menambah skill dan kompentensi seorang pebisnis untuk mengembangkan ide kreatifnya. Di mana kedua aspek itu sangatlah diperlukan jika ingin memajukan suatu usaha. Semoga ide tentang produk digital planner ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berbisnis di tengah pandemi, dan menyelematkan perekonomian sebagian masyarakat yang terjun untuk mengeksekusinya.

Penulis: Riza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *